Memudahkan Urusan Orang Lain

Standar

Barangkali sama dengan perumahan yang lainnya, di lingkungan kompleks kami tinggal setiap tahunnya pada bulan ramadhan, pasti banyak muslim yang memabgi-bagikan zakat mal dan zakat fithrahnya. Ramadhan menjadi bulan amal. Setiap muslim lebih memilih bulan ini sebagai waktu untuk beramal ketimbang bulan-bulan lainnya.

Karena banyaknya dan serentaknya orang berzakat, banyak pula kaum fakir dan miskin yang menerima zakat berlipat ganda. Sayangnya kebiasaan bersedekah semacam ini mendadak berhenti di bulan-bulan lain, sehingga kemiskinan tetap tak tertolongkan.

Keluarga kami, alhamdulillah, termasuk yang layak mengeluarkan zakat fithrah, dan saya sudah mengajak kakak dan adik untuk menghitung gaji mereka, tetapi sepertinya belum ada yang layak mengeluarkan zakat mal. Saya kira kami akan bersedekah saja untuk membersihkan harta kami.

Ada seorang nenek yang sudah berusia di atas 90 tahun dan tinggal di dekat masjid yang sering kami datangi. Sejak beberapa tahun sejak keluarga kami tinggal di kompleks ini, beliau sering membagi-bagikan zakat fitrah cucu-cucunya kepada mamak. Adik sudah sering mengingatkan mamak untuk tidak menerimanya karena kami tak ada hak untuk menerima. Tetapi kelihatannya mamak kesulitan menolak, sehingga setiap tahun zakat fitrah diberikan kepadanya. Lalu, setiap kali pula adik membawa zakat fitrah itu dan memberikannya kepada yang layak menerima.

Saya bisa memahami perasaan mamak. Beliau menganggap nenek yang memberinya zakat fitrah adalah orang tua yang harus ditolong karena ketidakberdayaannya membagi-bagikan zakat tersebut kepada si miskin. Mamak hanya dapat membantunya dengan menjadi perantara penerimaan zakat tersebut. Dan beliau ikhlas melakukannya.

Semoga malaikat mencatatnya sebagai sebuah amal kebaikan mempermudah urusan orang lain. Dan semoga ampunanNya tercurahkan atas kelalaian dan kekhilafan kami.

Renungan hari keduapuluh satu….

One thought on “Memudahkan Urusan Orang Lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s