Penyembah hp

Standar

Alangkah mirisnya manusia jaman sekarang, yang lebih mencintai hp (handphone) daripada Allah. Yang lebih sering mengingat hp-nya daripada Dzat yang semestinya selalu diingat. Yang lebih merasa sangat menderita tatkala hp-nya hilang, ketimbang ditinggal dan dilupakan oleh Allah.

Banyak dari kita yang telah menjadi penyembah hp. Ketika menghadapi masalah yang pelik, yang kita lakukan bukannya mengambil air wudhu dan menegakkan sholat serta menengadahkan tangan berdoa kepadaNya, tetapi kita ambil hp dan telepon sahabat-sahabat dekat untuk mendengarkan nasehatnya.

Ketika sholat telah usai ditunaikan, manusia bukannya berdoa, tetapi tiba-tiba tangannya mengeluarkan hp dan jari-jemarinya asyik menggeser layar untuk mengecek situasi dunia di luar sana. Kita sudah terbiasa untuk mengetahui hal-hal pribadi teman-teman dengan memonitor keadaan mereka melalui update status jejaring sosial.

Ketika tengah berbicara dengan orang lain, kita tiba-tiba memotong pembicaraan dengan deringan hp, atau ketikan untuk sekedar mengirim sms. Tidak ada rasa bersalah dan penyesalan, bahkan tidak ada kepedulian terhadap kekesalan lawan bicara. Pemandangan ini bukan hanya di kalangan muda, tetapi pejabat sekalipun berperilaku sama.

Tidak bisakah kita sejenak berpisah dengan telepon genggam. Ketika berada di rumah Allah,bukankah kedatangan kita untuk beribadah?

Sekalipun berusaha menolak, kita memang tidak bisa menolak merebaknya penggunaan HP, pun tidak bisa mencegah fitur-fitur baru yang ditawarkan. Tetapi manusia diberi akal oleh Allah untuk dapat melawan dan mengendalikan diri dari kerusakan dan kesia-siaan. Oleh karenanya, jangan sampai kita dikalahkan oleh teknologi, sebab kitalah yang mengendalikannya.

Orang dewasa memakai hp di masjid dengan santainya. Anak-anak melihatnya dan menirunya dengan cepat. Keburukan gampang sekali tersebarkan dan mudah diajarkan. Tetapi kebaikan sebaliknya.

Alangkah meruginya manusia karena sudah menghabiskan waktunya sebagai penyembah hp.

Renungan hari kesembilan belas….

 

 

2 thoughts on “Penyembah hp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s