Mengapa Ibunda dan Ayahanda tidak sholat?

Standar

Dengan kondisi Islami yang terlihat di mana-mana, rasanya agak mengherankan jika masih ada orang muslim yang tidak sholat. Tetapi pada kenyataannya, MASIH BANYAK muslim yang tidak sholat di negeri ini !

Lalu, apa alasan sehingga sholat tidak ditegakkan, padahal waktu yang dibutuhkan untuk itu hanya sekejap mata? Cobalah tanya orang-orang sekitar Anda yang tidak sholat, mengapa mereka tidak sholat? Teman saya mengaku penganut Islam abangan, yang hanya mewajibkan eling dan rasa yakin Gusti Allah ora sare. Jika mereka sudah meyakini hal tersebut, maka tidak perlu melakukan ibadah sholat. Tetapi anehnya, mereka tetap puasa. Saya belum mempelajari lebih lanjut bagaimana prinsip pikir mereka, sehingga belum bisa memahami alasan-alasannya dengan baik.

Yang lebih mengherankan lagi, teman saya menyekolahkan anaknya ke sekolah Islam. Sehingga barangkali ada keinginan si anak paham agama. Dalam beberapa kali, saya dan anak teman berangkat sholat tarawih. Kadang-kadang saya ingin sekali menanyai si anak, bagaimana perasaannya jika melihat anak-anak sebayanya digandeng oleh ibunya berjalan menuju masjid, dipakaikan mukenah, dan dituntun membaca Al-Quran? Ah, tentunya iri sekali. Atau barangkali si anak sudah tidak mempedulikan lagi hal tersebut.

Banyak sekali aliran dalam agama. Ada yang mewajibkan sholat, adapula yang tidak mewajibkan. Namun, jika mengacu pada Al-Quran dan Sunnah Nabi SAW, sebenarnya tidak ada pilihan tentang ketidakwajiban sholat lima waktu. Bahkan Al-Quran mengulang-ulang ayat tersebut semata untuk menegaskan betapa pentingnya perkara sholat.

Adapula teman yang tidak sholat karena alasan merepotkan. Ketika sudah berdandan rapi, bermake up lengkap, dan tiba waktu sholat, sungguh sayang katanya untuk menghilangkan itu dengan air wudhu.

Adapula yang karena kesibukan kerja, dengan santainya menjamak dan mengqashar sholatnya. Padahal sudah jelas aturan Allah dan RasulNya tentang syarat kebolehan menjamak dan mengqashar sholat. Tetapi, barangkali banyak yang tidak mengetahuinya dan tidak ingin mengetahuinya. Mereka sudah merasa puas dengan gelar muslimnya.

Bagi yang memahami pentingnya dan mencintai sholat, pastilah menganggap sholat sebagai penyelang yang harus dikerjakan setelah kesibukan kerja yang panjang. Penyelang tersebut berfungsi sebagai pengingat dan kesempatan untuk “melapor” kepada Allah dan sekaligus memohon pertolonganNya. Bukankah penyelang seperti ini sangat diperlukan untuk menghasilkan sebuah kerja yang brilian? Sayang sekali banyak yang tidak menyadarinya.

Sayangnya pula, banyak ibunda dan ayahanda yang tidak berpikir betapa sulitnya anak-anaknya menerangkan kepada teman-temannya ketika dia ditanya, mengapa ibunda dan ayahandamu tidak sholat?

Renungan hari kedelapan belas…

2 thoughts on “Mengapa Ibunda dan Ayahanda tidak sholat?

  1. ISLAM ABANGAN memang berbeda dengan ISLAM SANTRI (Muslim yang patuh pada Rukun ISLAM).
    ISLAM ABANGAN MENGUTAMAKAN OUT PUT/Tindak Praktek atas tujuan yang akan dicapai oleh seorang muslim yaitu tidak melakukan/mantang atas M 5 :
    1.Maling =Korupsi
    2.Madon=Melacur
    3.Main Judi
    4.Madat=termasuk minuman keras
    5.Mateni Wong/membunuh orang termasuk melanggar hak asasi manusia.

    5M tersebut diatas adalah di dorong oleh nafsu (amarah,supiah,lawamah) sehingga perlu dikendalikan dengan puasa,dikalangan Islam abangan terbiasa puasa senin-kamis (puasa nabi daud) bahkan cenderung ditambah dengan puasa 40/ngebleng/puasa nabi Musa.

    Setelah Mantang M5 dan melakukan puasa maka akan terjadi kebersihan (ini bisa di analogkan dengan Wudhu) rasa,akibatnya akan mudah melaksanakan perintah Tuhan/Gusti.

    sedangkan sholat hanya dianggap sebuah media yang cenderung bersifat simbolik,kaum islam abangan menggantikannya dengan tapa brata/meditasi.

    Wasallam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s