Andaikan semuanya berzakat….

Standar

Banyak orang kaya muslim di negeri ini, namun mengapa tak kunjung habis kemiskinan di tanah air? Mengapa tidak dapat menyamai kondisi rakyat Umar bin Abdul Aziz yang terbebaskan dari kefakiran karena zakat meruah di seluruh negeri dan kemakmuran tercapai sehingga tak ada lagi yang mau menerima zakat?

Kemiskinan tak terselesaikan dan jumlah si miskin semakin bertambah karena kesadaran berzakat umat ini masih sangat rendah. Ketika ramai orang menghitung zakat harta kekayaannya pada bulan Ramadhan, banyak pula yang puas hanya dengan mengeluarkan THR untuk bawahannya. Dengan terbayarkannya THR, tuntas dan lunas pula pembayaran zakat mal. Demikian banyak yang mengakalinya.

Jika demikian halnya, sungguh kita telah terperdaya dengan bujuk rayu syetan yang menanamkan bibit-bibit kepelitan (kebakhilan). Kata “pelit” dalam bahasa Indonesia hampir sebunyi dengan kata “pailit”. Karenanya orang yang pelit adalah orang yang membentangkan jembatan menuju ke kepailitan dirinya.

Tidakkah kita yakin dengan firman Allah berikut ini ?

Dan (ingatlah juga), takala Rabbmu mema’lumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. 14:7)

Arti kata bersyukur pada kalimat Allah di atas tidak sekedar mengucapkan terima kasih kepadaNya, tetapi perwujudannya yang lebih utama adalah membagikan nikmat tersebut kepada yang berhak menerimanya.

Keaktifan muslim membayarkan zakat mal tidak dapat berjalan lancar, jika kegiatan ini hanya berupa himbauan. Harus ada kewajiban hukum yang dikeluarkan negara atau penguasa di suatu instansi, misalnya rektor di universitas, direktur di perusahaan, menteri di kementrian, dll. Apabila sudah menjadi peraturan hukum layaknya pajak, maka tentulah zakat menjadi hal yang akan terlaksana dengan baik.

Sekalipun dengan sistem hukum dari pemerintah akan menutupi keikhlasan dalam beramal, sebab boleh jadi mereka berzakat karena takut sanksi dari pemerintah/penguasa. Setuju atau tidak, banyak orang muslim di tanah air yang lebih takut kepada ancaman pemerintah daripada ancaman Allah. Oleh karenanya, zakat mal yang ditetapkan pelaksanaannya secara hukum akan lebih serius dilaksanakan.

Renungan hari ketigabelas…..

3 thoughts on “Andaikan semuanya berzakat….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s