Walaupun berat, mereka tetap berpuasa

Standar

Di rumah saya sedang ada sedikit bongkar-bongkar dinding rumah untuk membuat ruangan kecil yang akan difungsikan menjadi musholla. Sebenarnya rombak-rombaknya sudah berlangsung sebelum ramadhan dan terpaksa harus berlangsung melewati ramadhan.

Ada tiga orang yang  bekerja dan menurut mamak saya mereka bekerja dengan rapih,dan bapak-bapak tersebut adalah orang yang santun.Karena ada hadits tentang larangan memberi atau menyediakan makanan kepada orang yang tidak berpuasa (tidak ada alasan syar’i yang membolehkannya untuk tidak berpuasa, misalnya sakit), maka sejak sebelum ramadhan, kami sudah membicarakan masalah ini dengan bapak-bapak tukang tersebut. Bahwa tidak seperti hari-hari biasa, kami tidak akan menyediakan makanan selama mereka bekerja di bulan ramadhan.

Alhamdulillah bapak-bapak yang dimuliakan Allah tersebut menyatakan tetap akan berpuasa. Mamak berkeinginan memendekkan jam kerja mereka dan akan membekali  mereka dengan penganan berbuka jika mereka pulang. Mamak pun mengumpulkan baju-baju kami yang layak pakai (belum kami pakai karena kekecilan) untuk diberikan kepada mereka.

Saya sangat salut dan hormat kepada bapak-bapak yang bekerja di rumah kami. Pekerjaan mereka bukan pekerjaan ringan. Di terik yang panas, tentulah mereka akan kehausan dan kelaparan. Semoga Allah menguatkan mereka.

Selama seminggu awal puasa, kami meliburkan mereka. Selain karena harus menunggu cor-coran kering, mereka juga perlu secara nyaman menikmati ramadhan dengan keluarganya.

Adapun orang yang diperkenankan tidak berpuasa pada bulan Ramadhan adalah disampaikan di QS. Al-Baqarah : 184.

1. Orang yang sedang sakit dan berbahaya baginya jika ia berpuasa, atau kemungkinan sembuhnya sudah sangat tipis
2. Orang yang dalam perjalanan jauh
3. Wanita haidh
4. Wanita nifas
5. Wanita hamil dan menyusui
6. Orang tua yang sudah uzur

Bagaimana dengan para pekerja berat? Tidak ada keringanan untuk mereka. Sebab kalau kita kenang sejarah Islam, ada peperangan yang berlangsung pada masa puasa, dan Nabi tidak menghentikannya.

Maka berbahagialah orang-orang yang diberi kekuatan oleh Allah untuk berpuasa dengan lancar pada bulan ini.

Renungan hari kedua…

2 thoughts on “Walaupun berat, mereka tetap berpuasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s