Ajaklah Anak-Anak ke Masjid

Standar

Hari pertama berpuasa kemarin sangat menyenangkan. Menyaksikan anak-anak kecil yang digandeng oleh kakek dan neneknya, berpeci, berbaju koko, berjubah cantik, berkerudung lucu dengan langkah-langkah ringan mendatangi masjid.Bukankah ini pemandangan yang sangat menentramkan hati?

Anak-anak sekalipun belum tahu benar apa maksud orang ke masjid, dan barangkali saja apa yang dilakukannya adalah sekedar meniru orang dewasa di sekitarnya, kedatangannya ke masjid adalah pembiasaan untuk mencintai masjid kelak.

Kalau mereka ribut sedikit di dalam masjid, maka anggaplah itu sebagai gangguan sesaat. Sangat disayangkan jika ada orang dewasa yang segera menengok tajam kepada si anak yang ribut sedikit. Apalagi dengan balita yang mungkin merasa agak sumuk, sementara bundanya harus menunaikan ibadah sholat. Tak perlulah kita memandang tajam ibundanya. Bersikap ramah dan membantunya untuk membujuk si kecil bukankah merupakan tindakan yang lebih ramah?

Ketika mengajak anak-anak ke masjid, selain dia akan meniru cara ibadah orang dewasa di sekitarnya, akan lebih baik lagi apabila mereka diajak belajar. Jika masjid memiliki komunitas remaja masjid, maka para remaja bisa diberdayakan untuk membuat barisan khusus anak-anak dan dapat sekaligus membimbing mereka tentang ibadah shalat yang benar.

Renungan hari pertama...

3 thoughts on “Ajaklah Anak-Anak ke Masjid

  1. Bener Bu Murni. Saya pun termasuk orang yang suka menatap tajam sampe anak-anak itu suka terdiam (kalo udah jadi guru jadi ahli bikin tatapan yg buat anak mingkem, yah, ehehehe…).
    Terimakasih telah diingatkan Bu..
    Saya selalu suka tulisan-tulisannya Bu Murni walaupun jarang komentar🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s