Berhaji

Standar

Tadi datang email dari pengelola hajj yang saya pakai tahun lalu untuk berangkat haji. Isinya mengingatkan para pendaftar untuk segera memenuhi pembayaran, dan melengkapi segala isian form. Saya terkenang tahun lalu, saat tiba-tiba saja saya ingin sekali naik haji, dan berangkatlah saya dengan segala keterbatasan.

Naik haji di waktu muda dan sehat adalah sebuah cita-cita. Dan Allah telah memudahkan langkah untuk menunaikannya. Dulu, saya berfikir bahwa saya perlu menghafalkan semua doa-doa dan bacaan sebelum berangkat ke sana. Tetapi Allah Maha Mendengar doa dan Maha Memandaikan hambaNya. Saya sama dengan teman-teman yang lain, yang ingin sekali naik haji tetapi belum hafal lidah kami dengan doa-doa panjang yang dicontohkan Rasulullah SAW. Jadilah kami menjalankan hari-hari berhaji dengan mulut yang selalu melantunkan doa-doa dari buku yang tak pernah lepas dari tangan.

Pelan-pelan saya menyadari bahwa doa kepadaNya yang terpentingnya adalah keikhlasan memohonkannya. Bukan karena bahwa itu dalam bahasa Arab, tetapi karena makna dan permohonan yg penuh kerendahan dalam bahasa apapun.

Tentu saja haji adalah ibadah, yang di dalamnya ada bacaan-bacaan wajib hafal, tetapi kebanyakannya adalah doa-doa yang dipanjatkan dengan ikhlas, dan ibadah sholat yang dilakukan dengan khusyu.

Seandainya Mekkah ada di dekat, dan menjangkaunya tidak perlu dengan pengorbanan dana yang besar, maka inginnya saya mendatanginya setiap tahun.

Saya teringat lagi pada Ka’bah yang ketika dipandang dari atas, dari bawah, dari dekat, dari sudut manapun membuat hati ciut dan takut kepada Pemiliknya. Rumah Allah sungguh sebuah rumah yang tiada tanding. Saya sangat merindukannya sekarang ini. Saya merindukan berputar mengelilinginya, sebab melakukannya senantiasa membawa ketenangan dan kepuasan jiwa.

Mengapa kita mesti berhaji ?

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِّلْعَالَمِينَ

innaa (Sesungguhnya) awwala baita (rumah yang mula-mula) wudhia (dibangun) linnaasi (untuk (tempat beribadah) manusia) bibakkah (ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah)) mubaarakan (yang diberkahi) wa hudan  (dan menjadi petunjuk) lil aamilin  (bagi semua yang beramal) (QS. 3:96)

فِيهِ آيَاتٌ بَيِّـنَاتٌ مَّقَامُ إِبْرَاهِيمَ وَمَن دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا وَلِلّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلاً وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ الله غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

fiihi (padanya) aayaatun (terdapat tanda-tanda) bayyinah (yang nyata), maqaamu Ibrahim (maqam Ibrahim). wa man (dan barangsiapa) dakhalahu (memasukinya (Baitullah itu)) kaana (adalah keadaannya) aaminan (menjadi amanlah dia); wa lillaahi (dan kepada Allah) ala an-naasi (atas manusia) hijjul baiti (mengerjakan haji adalah kewajiban) man istathoa (yaitu (bagi) orang yang sanggup) ilaihi (ke baitullah) sabiila (mengadakan perjalanan) wa man kafara (dan barangsiapa mengingkari  (kewajiban haji)) fa inna llaaha (maka sesungguhnya Allah) ghaniyyun (Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu)) an (dari) al’aalamiin (semesta alam) (QS. 3:97)

Haji adalah fardhu ‘ain bagi yang sanggup melakukannya dari segi fisik, bathin dan hartanya. Tetapi kewajiban itu bukan karena Allah gila pujian. Selayaknya kita melakukannya karena memang sepatutnya Allah dipuji dengan segala pujian yang tiada bandingannya.

Jika sudah ada harta, sudah disehatkan badan, sudah dikuatkan niat, maka apatah lagi yang bisa menghalangi panggilan Allah kepada kita.

Berhajilah dengan penuh kerendahan hati dan keikhlasan…..

Renungan hari kelima….

3 thoughts on “Berhaji

  1. @Mba Sundari
    Wa alaikum salam warahmatullah wabarakatuh,
    Alhamdulillah jika tulisan saya dapat menambahkan pemahaman baru,
    tapi jangan puas dengan hanya membaca ini, mudah-mudahan diberi kesenangan untuk belajar
    dan belajar lagi tentang Islam.
    Saya pun masih belajar terus…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s