Untuk apa dan siapa melakukan kejahatan ?

Standar

Jika ditanyakan kepada pencuri ayam untuk apa dia mencuri ayam, maka tentu jawabannya adalah untuk menghidupi keluarga. Jika ditanyakan kepada koruptor untuk apa mereka menggelapkan uang sedemikian banyaknya, maka pastilah jawabannya untuk menghidupi anak istri. Jawaban keduanya akan sama sekalipun besaran yang mereka curi tidaklah sama besar.

Untuk apa dan siapa melakukan kejahatan ?

Dalam QS An-Nisaa : 111, Allah mengatakan bahwa orang yang melakukan dosa, maka sesungguhnya dia mengerjakan kemudharatan untuk dirinya sendiri.

وَمَن يَكْسِبْ إِثْمًا فَإِنَّمَا يَكْسِبُهُ عَلَى نَفْسِهِ وَكَانَ اللّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

wa man (dan barangsiapa) yaksib (yang mengerjakan) itsman  (dosa), fa innamaa (maka sesungguhnya ia) yaksibuhu (dia mengerjakannya) alaa nafsihi (untuk dirinya sendiri). wa kaana Allahu (Dan keadaan Allah) ‘aliiman (Maha Mengetahui) hakiiman (lagi Maha Bijaksana)

Kadang-kadang manusia mengira bahwa perbuatan dosa dan kejahatan yang dilakukannya adalah untuk membahagiakan atau medatangkan keuntungan bagi orang lain. Tetapi jarang yang terpikir bahwa kebahagiaan tersebut adalah hal yang tidak fana, dan cepat afkir karena manusia adalah makhluk serakah.Tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya.

Orang-orang yang berbuat kejahatan dan dosa, tidak saja menimpakan kebahagiaan sesaat kepada keluarga dekatnya, tetapi  kebahagian sesaat bagi dirinya sendiri dan sekaligus mendatangkan kesulitan baginya.Hanya saja kebanyakan manusia menganggap kejahatan yang dilakukannya adalah sebuah keterpaksaan dari tekanan hidup.

Jika manusia menyadari bahwa kejahatan akan membawa dampak kurang baik baginya, lalu mengapa manusia tidak bisa berhenti melakukan kejahatan? bahkan kadang sudah sampai pada tahap kecanduan berbuat kejahatan ?

Semoga kita tidak termasuk pecandu kejahatan.

Renungan hari keempat…..




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s