Menggalakkan kajian Al-Quran di Nagoya

Standar

Kira-kira sudah berjalan 7 kali pertemuan, saya dan muslimah Indonesia yang tinggal di sekitar kampus Nagoya University atau kuliah di sana merutinkan kegiatan mendalami Al-Quran. Sebenarnya teman-teman sudah lama meminta saya untuk membagi ilmu yang pernah saya dapatkan di pesantren, tetapi saya terlalu sibuk, sehingga tidak dapat memenuhi ajakan tersebut.

Barulah kira-kira setelah disertasi saya beres, saya mulai berfikir untuk menggunakan waktu saya yang tersisa untuk mengajar dan mengkaji bersama Al-Quran dengan teman-teman.

Di kali pertama pembicaraan tentu saja banyak yang kurang bisa karena masalah waktu dan tempat. Tetapi saya teringat dulu di Indonesia, saya pun memaksa murid-murid pengajian saya untuk bersepakat dulu di satu hari yang kita harus rutin bertemu. Saya meminta pengajian diadakan setiap minggu, sebab ilmu itu cepat hilangnya. Akhirnya kami sepakat mengaji pada setiap hari Sabtu, dan saya mengosongkan semua jadwal kerja part time saya dari jam 12.00 sampai dengan jam 15.00.

Jadilah sejak tanggal 9 Januari 2010 kami mulai mempelajari Al-Quran, mulai dari memperbaiki makhaarijal huruf, tajwid hingga melancarkan bacaan. Saya menambahkan pelajaran tafsir dari ayat-ayat yang kami baca. Dan pada sesi kedua, kami belajar shorogan, yaitu mengartikan kata per kata ayat Al-Quran, dimulai dari Al-Fatihah dan seterusnya berpindah ke Juz Amma dari surat 114 (An-Naas). Sekarang kami sudah sampai pada pembahasan Surat An-Nashr.

Saya tidak tahu apakah teman-teman memperoleh manfaat dengan pengajian ini, tapi saya berharap mereka dapat merasakan kesenangan yang sama seperti yang saya rasakan saat pertama kali mampu mengartikan satu per satu ayat-ayat Al-Quran.

Membaca Al-Quran dengan mengetahui artinya sangat sangat nikmat dibandingkan dengan hanya membacanya saja. Dan pemahaman terhadap ayat-ayatNya adalah sebuah hidayah yang tak ternilai. Saya ingin teman-teman beroleh hidayah memahami Al-Quran. Dan pada akhirnya Allah menurunkan kemudahan kepada kami untuk memahami dan menjalankan syariahNya.

Semoga Allah senantiasa meringankan langkah kami !

One thought on “Menggalakkan kajian Al-Quran di Nagoya

Tinggalkan Balasan

