Apa tujuanmu ?

Standar

Saya baru pulang kerja. Kenapa saya bekerja ?

Teman saya bertanya kenapa saya datang ke Jepang ?
Saya jawab karena saya ingin menjadi orang berilmu.
Tetapi kenapa ke Jepang, toh bisa ke negara lain ?
Karena Jepang menarik bagi saya, dan…
Saya ditakdirkan mendapatkan beasiswa ke negeri ini.

Mengapa ingin menjadi orang berilmu ?
Karena saya ingin memiliki kehidupan yang lebih baik.
Karena saya ingin mendapatkan penghargaan dunia yang lebih baik
Karena dengan ilmu, saya berbeda dengan orang yang tak berilmu

Apa tujuanmu sebenarnya ?
Saya bertanya secara otokritik

Allah mengatakan dalam firmannya QS Al-Qashas ayat 77:

وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ وَلَا تَنسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَأَحْسِن كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ

mari memahaminya dengan ilmu shorogan !

wa (dan) ibtagii (carilah) fiima (dari apa-apa=harta) ataaka (yang didatangkan kepadamu) Allahu (oleh Allah) ad-daarul aakhirah (pahala (kampung) akhirat), wa laa (dan janganlah) tansaa (engkau lupa) nashiibaka (bagianmu) min (dari) ad-dun’yaa (dunia). Wa ahsin (dan berbuat baiklah) kama (sebagaimana) ahsana (berbuat baik) Allahu (Allah) ilaika (kepadamu), walaa (dan janglah) tabghii (enkau mencari) alfasaada (kerusakan) fil ardhi (di bumi). Innallaaha (sesungguhnya Allah) laa (tidaklah) yuhibbu (mencintai) almufsidiin) (orang yang berbuat kerusakan)

Tujuan utama segala upaya/kerjaku di dunia semestinya adalah untuk mencari pahala kampung akhirat, yang bisa kudapatkan melalui amalan dunia.

Karena dunia tampak di depan mataku, maka selalu saja dia menyilaukan mataku. Pantas saja Allah menyuruh hambaNya untuk berikhtiar mencari ridho-Nya terlebih dahulu sebelum mengambil bagiannya di dunia.

Pekerjaan yang dilakukan oleh tangan ini di muka bumi, hanyalah dipuji oleh penghuni bumi jika kuniatkan untuk dunia dan jika tak berpedoman kepada hukumNya.
Tetapi jika kuletakkan keridhoan Allah sebagai terminalku, maka penghuni dunia akan ridho pula kepadaku.

Malangnya… aku belum berbuat baik sebagaimana Allah berbuat kebaikan kepadaku.
Dan takutnya aku jika pekerjaanku mendatangkan kerusakan bumi dan penghuninya.
Pastilah cacian dari penghuni langit dan bumi yang kudapat !

Ah, aku memimpikan kehidupan surgawi sepanjang hayat,
Sayangnya aku terlalu terpesona dengan gemerlap duniaku yang sungguh singkat masanya !

Renungan hari kelima….

One thought on “Apa tujuanmu ?

Tinggalkan Balasan

